9eme jour…Day 9…

Hari ini tepat 9 hari berada di kota Aix-en-Provence yang indah…hari ini juga baru tau bahwa jalan ‘cours Mirabeau’ merupakan salah satu jalan terpadat yang dikunjungi turis dari seluruh penjuru dunia di Prancis. Jalan ini menjadi sahabat terbaik saya dkk yang berkuliah di kota ini, karena merupakan halte bus terdekat ke asrama. disini halte disebut ‘rotonde’ kemudian diikuti nama wilayahnya…misalnya di mirabeau, maka namanya ‘rotonde mirabeau’…di depan jalan ini ada fontaine, atau air mancur yg menjadi pusat perhatian di centre ville, atau pusat kotanya aix. Oya, kalo teman2 ada yg ke kota aix ini, kalo mau belanja emank bisa di monoprix, supermarket yang ada di jalan mirabeau, tapi supermarket ini masih mahal loh, yg lebih murah bisa di Liddle, atau disini namanya DIA, di wilayah SEXTIUS…dekat mirabeau koq…di supermarket DIA ini brg2nya setengah harga dari monoprix…letak toko DIA ini dekat kantor pos, disini disebut ‘La Poste’…oya, info terpenting nih, kalo mau ke belakang, disini susah sekali, hampir tidak ada tersedia toillette commun, atau toilet umum, jadi kalo mau ke belakang harus plg ke asrama. jadi harap maklum yah…kcuali mampir beli burger di kios Quick, atau di restaurant lainnya yang cukup mahal, bli makanan atau minuman trus nebeng ke toilet deh…:), ok…see u on next blog…bonne journee tout le monde…allez en France mes amis….c’est belle…

by | FJ

Advertisements
By ferryjaolis